Loading...

Minggu, 22 April 2012

MAKALAH MENJADI SISWA YANG BERPRESTASI

BAB I
(PENDAHULUAN)
I .A Latar belakang
Sesuai dengan tema yang diberikan kepada saya, dalam makalah ini saya akan mencoba secara kritis tentang menjadi remaja yang berprestasi, yang kita bahas bukanlah hal yang mencakup seluruh anak remaja, melainkan beberapa remaja yang termasuk berprestasi secara bener. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kehidupan remaja jaman sekarang sulit untuk kita awasi dan kita prihatikan, karena kehidupan remaja adalah suatu hal yg paling memacu jati diri yang terpendem, karena remaja indonesia adalah bibit baru untuk meneruskan perjuangan bangsa indonesia untuk menjadi negara yangg berdemokrat dan berdasarkan pancasila.
I.B Rumusan Masalah
·        Apa sajakah faktor kesuksesan dalam meraih segala prestasi?
·        Mengapa musik dapat membuat remaja berprestasi?
I.C Tujuan
Makalah ini disusun supaya kita dapat mengetahui faktor  kesuksesan dalam meraih segala prestasim, sehingga kita bisa lebih semangat dalam mencapai prestasi di usianya yang masih remaja ini. Karena Tak semua remaja dapat menemukan jati dirinya disaat remaja.

BAB II
(ISI MATERI)
II.A Menjadi Siswa yang Berprestasi
Menjadi siswa yang berprestasi itu mudah, asalkan kita tahu caranya plus tentunya perlu usaha mencapainya. Ada beberapa faktor yang membangun kesuksesan. Yang tentunya kita semua dapat menerapkan dan memiliki faktor kesuksesan ini untuk sukses dalam meraih segala prestasi.
1.     Percaya diri (yakin dengan kemampuan diri sendiri)
Memiliki percaya diri. Percaya diri merupakan fondasi dalam meraih kesuksesan. Percaya diri adalah rasa yakin dan percaya bahwa kita dapat melakukan atau meraih suatu hal. Perasaan yakin ya jika kamu tidak yakin pada diri kamu, siapa lagi yang akan menyakinkan diri kamu. Jadi, yang paling pertama kamu harus yakin.
2.     Buatlah target di atas kemampuan kamu
Biasakanlah membuat target di atas kemampuanmu. Misalanya, pada saat mau ujian Matematika. Setiap dari siswa pasti memiliki target yang berbeda, mungkin ada yang 100,90,80 dan lain sebagainya. Yang jelas, semuanya mau nilai bagus. Dalam membuat target, akan lebih baik membuat target di atas kemampuan diri kamu. Buatlah target di atas kemampuan diri kita. Contohnya semester ini, kamu yakin bisa masuk 10 besar rangking kelas. Buatlah target kamu di atas itu. Lima besar misalnya, atau 3 besar. Jika, kamu belum berhasil mencapai 3 besar, paling tidak rangking 10 besar atau tidak beda jauh dari itu. Dalam hal apapun itu buatlah target di atas prediksi kemampuan kamu.
3.     Mengetahui tujuan kamu
Dalam meraih prestasi kita pasti memiliki tujuan di balik itu. Tapi apakah kita sudah tahu tujuan kita yang sebenarnya dalam meraih prestasi itu? Bermula dari tujuan, kita tahu arah jalan kita. Membuat tujuan yang jelas adalah salah satu kunci membangkitkan motivasi. Dalam aspek apapun, kita perlu memiliki tujuan.
4.     Berusaha Dan Disiplin
Sekarang kita sudah yakin dengan diri kita, sudah membuat target, sudah mempunyai tujuan. Tetapi tidak pernah belajar di rumah, tidak mengerjakan tugas, apakah bisa mencapai prestasi itu? Ya tidak mungkin. Disinilah, kita perlu persiapan (berlatih dan disiplin).
 Berlatih itu sam seperti mengikuti ujian yang berkali-kali. Saya yakin semakin sering kamu mengerjakan soal, maka semakin mudah kamu menjawab soal-soal itu. Dalam bermain basket misalnnya, perlu latihan intensif dan disiplin agar dapat menjadi juara. Cerita tentang Michael Jordan, pada saat latihan dia selalu dua ating labih awal dan pulang lebih lambat dan melakukan tembakan sebanyak 300 bola pada sesi akhir. Begitu disiplin dan besar usaha yang dilakukannya, teneu saja dia pamtas meraih prestasinya sekarang.
Untuk mencapai kesuksesan, akan terasa semakin mudah, jika kita bisa menikmati prosesnya. Lakukanlah sesuai dengan tujuan nada. Lakukan yang terbaik untuk diri anda, hasil akhir bukanlah segalanya. Pengalaman yang kita dapatlah yang merupakan hasil yang paling penting.
II.B Musik, Dapat Menjadikan Remaja Berprestasi
Satu studi baru yang disiarkan dalam terbitan paling akhir Social Science Quarterly mengungkapkan bahwa keikut sertaan dalam musik, yang ditafsirkan sebagai pelajar musik yang diselenggarakan di dalam atau luar sekolah dan orang tua yang menghadiri konser musik bersama anak mereka, memiliki dampak positif pada prestasi membaca dan matematika pada anak-anak dan remaja.
Darby Southgate dan Vincent Roscigno, dari Ohio State University, mengkaji dua sumber data yang mewakili secara nasional guna menganalisis pola keterlibatan musik dan dampak yang mungkin ada pada prestasi membaca dan matematika bagi siswa sekolah dasar dan menengah.
Musik memiliki hubungan positif dengan prestasi akademis, terutama selama masa sekolah menengah, kata studi tersebut. Namun, tidak semua remaja yang ikut dalam musik memperlihatkan prestasi yang sama, dan beberapa kelompok tertentu tak beruntung dalam memperoleh akses ke pendidikan musik.
Banyak keluarga dengan status ekonomi social yang tinggi ikut lebih banyak dalam kegiatan musik dibandingkan dengan yang dialami keluarga dengan status ekonomi social lebih rendah.
Selain kelas social sebagai petunjuk mengenai keterlibatan dalam musik, etrik juga menjadi salah satu faktor. Orang Asia dan Kulit Putih lebih mungkin untuk ikut dalam kegiatan musik dibandingkan dengan kelompok Hispanik. Meskipun anak muda Kulit Hitam menghindari konsep bersama orang tua mereka, lebih kecil kemungkinan mereka mengikuti pelajaran musik.
”Topik ini menjadi masalah kesamaan pada tingkat keluarga dan sekolah,” demikian kesimpulan peneliti itu. “Ini memiliki dampak kebijakan utama bagi lembaga local, Negara bagian dan federal, serta pengetahuan yang dapat membantu banyak keluarga mengalokasikan sumner daya yang paling bermanfaatbagi anak-anak.








BAB III
(PENUTUP)
A.   Kesimpulan
*       Menjadi orang yang berprestasi sangat lah mudah , semua siswapun dapat menjadi orang yang berprestasi asalkan kita percaya diri, membuat target di atas kemampuan kita, dan mengetahui tujuan kita serta selalu berusaha, jangan mudah putus asa, dan selalu di siplin dalam segala hal.
*       anak remaja jaman sekarang sudah banyak yang bisa menentukan jalan terbaik untuk menuju hal yg lebih baik dengan sendiri, karna jaman sekarang sudah banyak teknologi yg sudah maju seperti internet, dan yang lain. Musik juga berpegaruh untuk mendorong keinginan serang anak remaja untuk melakukan hal yang positif, kita orang tua harus bisa mendukung apa yg di kerjakan oleng anak2 nya, karena anak remaja akan membangkang bila hal yg menurut nya baik itu dilarang
B. Saran
*       Jadi selagi kita remaja jangan sia-sia kan semua itu , teruslah berusaha menjadi orang yang berprestasi, jangan mudah putus asa karena jika kita ada kemauan pasti disitu ada jalan. Hidup  yang tidak menghasilkan apa-apa berarti hidup tiada guna.
Akhirnya kliping ini telah tersusun dengan baik, mohon maaf jika kliping ini banyak kekurangan ataupun kesalahan. Semoga kliping ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin













DAFTAR PUSTAKA
-Internet googgle
-data yadi.blogspot.co.id



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar